Apa itu Cosmos Crypto?

cosmos crypto

Saat ini, blockchain cenderung bekerja secara serempak di mana satu blockchain dirancang untuk satu tujuan saja. Ini membuat komunikasi antar blockchain menjadi sangat sulit tanpa bantuan pihak ketiga.

Akibatnya, kontroversi, rasisme, dan fanatisme meletus di antara para pendukung berbagai kelompok blockchain.

Tapi bisakah ada satu blockchain yang bisa menghubungkan semuanya?

Jawabannya adalah ya, karena sekarang Cosmos atau Atom bertujuan untuk membangun “Blockchain Internet”, di mana setiap blockchain dapat berkomunikasi, berbagi informasi, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Apa itu Jaringan Kosmos?

Proyek ini didasarkan pada perjanjian protokol, Tendermint, yang dikembangkan oleh Jae Kwon pada tahun 2014. Untuk mengembangkan lingkungan Cosmos yang terintegrasi penuh, Kwon bekerja sama dengan Zarko Milosevic dan Ethan Buchman. Namun dia kemudian mengundurkan diri dari pekerjaannya pada tahun 2020.

Tujuan dari proyek ini sederhana: memungkinkan blockchain apa pun untuk berkomunikasi, berbagi data, dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan mengizinkan beberapa blockchain berbeda untuk bekerja.

Di mana banyak blockchain yang berbeda dapat memenuhi kasus penggunaan dan manfaat yang ditawarkan masing-masing.

Contoh diskusi blockchain ini adalah contoh jika Anda ingin menghubungkan Ethereum dan Bitcoin melalui Cosmos, kedua blockchain harus terhubung ke domainnya masing-masing.

Situs Ethereum dan situs Bitcoin akan ditautkan ke platform bersama. Kemudian dengan platform bersama ini, Eter dan Bitcoin dapat ditransfer ke lingkungan operasi

Hak

Dilansir dari Decrypt, proyek tersebut sangat mirip dengan proyek Polkadot, yang juga berupaya membangun ekosistem jaringan blockchain yang kolaboratif.

Namun, tidak seperti Polkadot, proyek ini memprioritaskan otonomi blockchain, yang berarti ia harus mengontrol, mengamankan, otonom, dan mengelola validatornya. Kosmos memberikan kemandirian pada blockchain yang disematkan.

TRENDING  Wallet Crypto Terbaik dan Legal untuk Berinvestasi Di Tahun 2022

Cosmos juga merupakan seperangkat teknologi lengkap yang lebih dari sekadar menghubungkan blockchain untuk terhubung dan berbagi data dengan orang lain.

Mereka juga telah mengembangkan proses pengembangan yang ditingkatkan yang memungkinkan pengembang untuk membuat blockchain kustom mereka sendiri dalam beberapa minggu atau bulan.

Untuk mendemonstrasikan kekuatan teknologi Cosmos, tim membuat salinan Ethereum di Cosmos yang disebut Ethermint. Versi Ethereum ini berfungsi sama baiknya dengan Ethereum asli dan bahkan sesuai dengan kontrak dan alat Ethereum yang cerdas seperti MetaMask.

Teknologi yang Digunakan

  • Tendermint – Protokol perjanjian yang memungkinkan produsen membuat bukti kepemilikan rantai pasak yang cepat, terukur, dan aman.
  • Cosmos SDK – Memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pada Tendermint berbasis blockchain.
  • Inter Blockchain Communication Protocol – Blockchain (IBC) – Sebuah sistem yang memungkinkan berbagai blockchain untuk terhubung dan berkomunikasi.

Simbol utama

Simbol utama disebut ATOM. Memegang ATOM memberi pemilik kemampuan untuk berpartisipasi dan memverifikasi blok, memberikan suara pada masalah pemerintah, dan membayar biaya transaksi.

Cosmos bekerja dengan metode input bukti yang berarti bahwa jika Anda memiliki ATOM, Anda dapat memperoleh bagian dari pendapatan online dan biaya transaksi dengan mempertaruhkan, baik dengan menjalankan simpul mereka untuk memverifikasi atau dengan menugaskan koin ATOM mereka ke validator.

Validator mengintegrasikan atau mengunci ATOM mereka dan menjalankan perangkat lunak khusus, yang memelihara jaringan Cosmos dengan menyediakan blok baru dan memastikan interoperabilitas.

Baca juga: Apa Itu Blockchain?

Pemilik juga dapat memilih untuk mengalokasikan koin ATOM dan validator mereka alih-alih menjalankan perangkat lunak validator itu sendiri, yang masih memungkinkan mereka untuk mendapatkan bagian dari hadiah untuk mempertaruhkan.

DApps di atas Cosmos

Cosmos sudah populer di kalangan pengembang dApp yang ingin membangun aplikasi (dApps) yang lebih efisien.

TRENDING  Apakah Kripto judi? Simak Penjelasan Berikut Ini

Beberapa dApp Cosmos yang sedang aktif saat ini antara lain:

  • Jangkar – platform keuangan yang menawarkan suku bunga minimal pada deposito stablecoin.
  • Flare – jaringan pembayaran yang mendukung banyak aset dan metode pembayaran termasuk game dan DeFi.
  • Klever – perangkat seluler dengan dompet, browser, dan portofolio blockchain terintegrasi.
  • Chainweaver – dompet yang menangani banyak blockchain dan lingkungan pengembangan kontrak cerdas.

Baca juga: Perbedaan Token dan Crypto Coin Sering Disalahgunakan

Ini adalah deskripsi dari Cosmos atau lebih dikenal sebagai ATOM. Anda dapat membeli ATOM dengan berbagai pertukaran kripto baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Cari tahu lebih lanjut tentang paket blockchain hanya di situs web Coinvestasi.

You May Also Like

About the Author: admin